Apakah Anda kesulitan saat melakukan penagihan ke customer Anda? Jika hal tersebut terjadi maka akan berdampak pada arus kas bisnis Anda yang macet dan menyulitkan operasional bisnis, terutama saat melakukan pembayaran ke supplier.

Berikut adalah tips untuk membantu Anda mengumpulkan tagihan lebih cepat dan menangani pembayaran customer yang terlambat.

Perjelas tentang syarat pembayaran

Anda harus mengkomunikasikan persyaratan pembayaran kepada klien Anda sejelas mungkin, agar tidak ada salah paham. Buatlah faktur sejelas dan sedetail mungkin, termasuk tidak hanya persyaratan Anda tetapi juga bunga penalti untuk pembayaran yang terlambat. Dengan begitu, mitra bisnis Anda akan membayar invoice tepat waktu.

Baca juga: Info penting, pencairan dana untuk PaperPay Out kini bisa 365 hari non-stop!

Keluarkan faktur lebih cepat

Semakin cepat pelanggan Anda memiliki tagihan, semakin cepat Anda akan dibayar. Oleh karena itu, Anda harus mengatur pembayaran pada saat penjualan. Dan pastikan jika Anda membuat faktur harus:

  • Pastikan tagihan masuk ke pelanggan segera setelah Anda mengirim atau menyelesaikan pekerjaan.
  • Jika Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang memiliki nilai yang besar, pertimbangkan untuk menegosiasikan pembayaran di muka terlebih dahulu. Misalnya, Anda dapat meminta setoran pada saat pesanan dibuat dan kemudian persentase pembayaran pada berbagai pencapaian yang disepakati.

Sediakan banyak metode pembayaran

Percaya tidak percaya, beragam metode pembayaran bisa mempermudah pembayaran customer. Dengan begitu, customer Anda bisa lebih mudah membayar invoice. Hal ini bisa teratasi dengan Paper.id, dimana ada fitur bernama PaperPay In untuk mempermudah penerimaan pembayaran invoice dari customer.

Dengan fitur ini, Anda bisa memberikan banyak opsi pembayaran kepada customer seperti kartu kredit, OVO, Virtual Account, Tokopedia, Blibli, dan berbagai metode lainnya. Eits jangan lupa, ada rekonsiliasi otomatis yang membantu Anda agar tidak perlu repot-repot mencocokkan pembayaran yang masuk dengan mutasi rekening bank Anda.

Lakukan penagihan via HP

Bagi banyak bisnis, perangkat seluler, seperti gawai atau tablet, dapat menjadi keuntungan untuk mempermudah penagihan. Dengan begitu, Anda hanya tinggal membuat invoice dari HP atau tablet dan mengirimkannya ke mitra. Mudah bukan? Tidak perlu lagi menggunakan excel atau buka laptop, semuanya bisa dilakukan dimana saja. Kemudahan ini bisa Anda rasakan dengan menggunakan Paper.id. Tinggal buat invoice dari HP, langsung bisa dikirimkan via WhatsApp, SMS dan Email. Daftar di sini untuk merasakan manfaatnya!

Lacak tagihan yang belum dibayar

Sebagai bagian dari perencana arus kas, Anda harus memonitoring pembayaran klien Anda. Jika hal tersebut Anda jalankan maka tentunya Ini akan membantu Anda dalam melacak uang tunai yang masuk ke bisnis Anda dan menindaklanjuti jika klien Anda terlambat melakukan pembayaran.

Perdekat hubungan Anda dengan customer

Ketahui siapa yang menangani hutang dagang untuk pelanggan Anda dan bangunlah hubungan yang baik dengan mereka. Pastikan bahwa faktur Anda jatuh kepada orang yang tepat di departemen yang tepat. Hal ini terutama berlaku ketika bisnis Anda bekerjasama dengan perusahaan besar, di mana faktur Anda mungkin hilang dalam shuffle. Saat mengeluarkan faktur, sebaik nya untuk pertama, menginformasikan bahwa klien telah menerimanya.

Setelah 30 hari, tindak lanjuti dan tanyakan apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses pembayarannya. Jangan malu mengejar hutang yang sudah jatuh tempo dan jangan menunggu. Hubungi pelanggan yang membayar lambat dan minta mereka untuk membayar.

Jika 30 hari telah berlalu dan Anda belum mendengar kabar dari klien Anda atau menerima pembayaran, inilah saatnya untuk menelepon. Panggilan telepon lebih sulit untuk diabaikan daripada surat, dan dalam banyak kasus, berbicara dengan Anda dapat mendorong klien untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya mencegah mereka membayar.

Baca juga: 5 keuntungan yang kamu dapatkan jika bisnismu menggunakan online invoice

Tawarkan diskon pembayaran lebih awal

Hubungan pelanggan dan pemasok yang baik dapat membantu Anda mempercepat penerimaan pembayaran dari pelanggan. Selain itu Anda dapat menawarkan diskon 1% misalnya kepada pelanggan jika mereka bersedia membayar dalam waktu 10 hari. Tapi ingat, diskon dapat digunakan hanya jika Anda perlu mendapatkan uang tunai dengan cepat.

Author